motif batik

Motif Batik Indonesia: Gambar Batik tulis, Modern dan Penjelasan Asal Daerahnya

Motif batik – Awalannya batik di ciptakan memakai kain berwarna putih yang terbuat berbahan kapas (kain mori). Bersamaan perubahan zaman sistem bikin kain batik bisa pula memakai katun, sutera, rayon, poliester, serta bahan sintetis yang lain.

Macam Motif batik tersebut di ciptakan memakai cairan lilin dengan media alat yakni canting untuk motif halus, serta atau kuas untuk motif batik catat yang memiliki ukuran besar, Setelah itu cairan lilin itu akan meresap dengan baik dalam serat satu kain.

Kain yang telah usai dilukis memakai canting tadi setelah itu dicelup untuk pewarnaan. Sistem pencelupan ini umumnya diawali dengan memakai beberapa warna muda yang setelah itu sistem pencelupan warna lebih tua untuk memperoleh motif warna kain yang lebih gelap.

Motif Batik

motif batik
123rf.com

Ada beragam jenis nama batik yang ada di Indonesia, tetapi tahukah Anda beragam nama motif batik yang peluang sudah Anda gunakan?. Nah… di bawah ini KemejingNet bakal sedikit sharing pengetahuan tentang beberapa nama type batik tradisional yang ada di Indonesia.

Gambar Motif Batik

Ada banyak sekali gambar motif batik di indonesia, seperti kita ketahui indonesia memiliki beraneka ragam suku bangsa, bahasa, dan budaya dan negara ini juga begitu luas sampai berjumlah ribuan pulau, karena saking banyaknya berikut saya sajikan beberapa koleksi gambar batik yang ada di indonesia.

Motif Batik Keraton

Motif Batik Keraton
batikanggisari.blogspot.com

Batik keraton adalah wastra batik yang memakai pola tradisional yang berkembang di keraton-keraton yang ada di pulau Jawa. Macam corak batik catat dengan kombinasi yang menakjubkan pada seni, pandangan hidup, kebiasaan, serta kepribadian lingkungan keraton yang melahirkannya.

Motif batik bunga

motif batik bunga

Batik keraton ini awal mulanya di buat cuma oleh beberapa putri raja serta abdi dalemnya saja, dan cuma ditujukan keluarga raja saja. Setelah itu berkembang jadi industri yang dikelola oleh beberapa saudagar serta mulai tumbuh diluar keraton berbentuk batik Sudagaran serta Batik Pedesaan.

Batik keraton ada di Kasunanan Surakarta, Kasultanan Jogjakarta, Pura Mangkunegaran serta Pura Pakualaman. Ketidaksamaan paling utama dari ke empat Batik keraton terdapat pada bentuk, ukuran, patra serta nuansa warna soga (coklat).

Batik Tulis

Batik Tulis

Adalah motif batik yang menggunakan zat warna soga alam. jaman dulu, pemakai motif batik cuwiri ini mengisyaratkan tingkat derajat yang tinggi untuk penggunanya serta/atau cuma dipakai untuk upacara kebiasaan spesifik saja, seperti untuk upacara mitoni, satu kebiasaan jawa yang dipakai untuk memperingati umur kandungan 7 bln..

Juga, motif batik cuwiri ini digunakan untuk menggendong bayi. Batik cuwiri ini dapat umum dipakai untuk kemben serta semekan. batik cuwiri ini menguasai menggunakan unsur gurda serta meru. Kata cuwiri tersebut memiliki arti kecil-kecil, dan diinginkan pada penggunanya layak, serasi dan dihormati sesuai sama pandangan hidup orang-orang jawa yakni kemakmuran serta kebaikan.

Batik Motif Pringgondani

 

Nama batik pringgondani ini di ambil dari nama rumahnya Gatotkaca anak Bimo/Werkudara. Motif batik pringgondani ini umumnya menghadirkan corak gelap seperti biru nila (biru indigo) dengan soga alam berwarna coklat dipenuhi sulur-suluran atau alur kecil yang di gabung dengan naga.

Batik Motif Sekar Jagad

 

Batik ini adalah satu diantara motif batik paling baik khas Indonesia. Motif batik sekar jagad ini mempunyai arti keindahan serta kecantikan untuk penggunanya hingga orang lain yang melihat bakal begitu kagum. Ada banyak pendapat bila batik Sekar Jagad ini sebenarnya datang dari kata yang di ambil dari bhs belanda serta Jawa yakni “kar jagad” (Kar bermakna PETA ; Jagad bermakna DUNIA), melambangkan keragaman semua dunia tetapi satu jiwa (united). Rata-rata motif batik Sekar Jagad memiliki nuansa bunga.

motif batik sederhana

 

Pendapat lain menyampaikan kalau batik Sekar Jagad datang dari kata sekar dab jagad. Kata sekar mempunyai arti bunga serta kata jagad mempunyai arti dunia. Berdasar pada Gabungan kata itu yang tercermin dari nama motif ini yaitu himpunan bunga/keindahan/kebahagiaan dunia. Motif batik sekar jagad ini dapat adalah satu perulangan geometris dengan cara susun ceplok (dipasangkan bersisian), yang mempunyai arti keluhuran serta keindahan satu kehidupan didunia. Motif batik sekar jagad mulai tumbuh pada era ke-18.

Batik Motif Sida Luhur

 

Motif batik yang mempunyai awalan sida (di baca sido) adalah kelompok motif batik yang banyak di buat oleh beberapa pembatik. Seddangkan Kata “sida” tersebut mempunyai arti jadi/jadi/terwujud. Hingga, batik yang bermulaan “sida” ini memiliki kandungan harapan supaya apa yang dikehendaki dapat terwujud. Motif batik Sida Mulia (di baca Sido Mulia) mempunyai arti harapan agar bisa meraih kedudukan tinggi, serta dapat jadi contoh atau contoh orang-orang.

motif batik modern

 

Ada satu mitos tentang pembuatan batik Sido Mulia yang mana menuntut pembuatnya, dengan diawali menahan nafas cukup lama. batik Sido Mulia di buat oleh Ki Ageng Henis, yaitu kakek dari Panembahan Senopati yang disebut pendiri kerajaan Mataram Jawa, dan adalah cucu dari pada Ki Ageng Selo. Konon motif batik Sido Mulia ini di buat dengan cara spesial oleh Ki Ageng Henis untuk diberikan pada anak serta keturunannya. Harapan serta doanya supaya si pengguna bisa mempunyai hati dan fikiran yang mulia hingga dapat bermanfaat untuk negara serta orang-orang.

Filosofi arti dibalik motif batik Sido Mulia juga bermakna sukses meningkatkan, menyempurnakan diri jadi manusia yang berbudi mulia yang selalu berdoa, mengingat serta bersukur kepadaNya. Motif ini yaitu motif yang dipakai oleh pengantin waktu pernikahan. Motif ini datang dari Keraton Yogyakarta.

Motif Batik Kawung

 

Motif batik Kawung mempunyai pola bulatan yang serupa dengan buah Kawung (semacam buah kelapa atau kerap juga dikatakan sebagai buah kolang-kaling) yang teratur rapi dengan cara geometris. Berbentuk lain, motif batik kawung ini dapat direpresentasikan sebagai gambar bunga teratai dengan empat helai daun bunga yang tengah merekah.

Lotus atau teratai adalah bunga yang melambangkan umur panjang serta kesucian. batik Kawung umumnya dinamakan berdasar pada ukuran besar atau kecilnya bentuk bulat-lonjong yang ada di dalam satu motif spesifik. Contoh : motif batik Kawung Picis yaitu batik kawung yang tersusun serta teratur oleh bentuk alur bulatan yang kecil.

Kata Picis datang dari mata duit sejumlah 10 senyang yang memiliki bentuk relatif kecil. Sedang batik Kawung Bribil yaitu motif batik kawung yang tersusun atau teratur oleh bentuk yang relatif semakin besar dari motif batik kawung Picis. Sesuai sama namanya yakni bribil, adalah mata duit yang memiliki bentuk relatif semakin besar dari picis serta mempunyai nilai 1/2 sen. Berdasar pada memiliki bentuk batik kawung yang mempunyai bentuk bulat-lonjong yang condong semakin besar dari batik Kawung Bribil dimaksud Kawung Sen.

Motif Batik Semen Rama

 

Batik semen rama dimaknai sebagai penggambaran atau representasi dari satu “kehidupan yang semi” (kata semi yang bermakna berkembang atau makmur). Terdapat banyak type ornament paling utama pada motif batik semen. Yang pertama, ornament yang mempunyai jalinan dengan daratan, seperti binatang berkaki empat atau tumbuhan.

Ke-2, ornament yang mempunyai jalinan dengan hawa, seperti burung, garuda, serta megamendung. Ketiga, ornament yang mempunyai jalinan dengan laut serta air, seperti ikan serta katak. Beberapa jenis ornament itu besar kemungkinan memiliki jalinan dengan prinsip Triloka atau Tribawana.

Prinsip itu adalah ajaran tentang ada tiga dunia yakni dunia tengah tempat manusia melakukan kehidupan, dunia atas atau nirwana adalah rumah beberapa dewa serta orang suci, dan dunia bawah yang disebut tempat orang di mana jalan hidupnya dipenuhi angkara murka.

Terkecuali mempunyai arti itu motif batik Semen Rama (di baca ; Semen Romo) tersebut kerapkali dihubung-hubungkan dengan cerita narasi Ramayana yang penuh dengan ajaran Hastha Brata atau ajaran suci keutamaan yang di lewati dengan delapan jalan. Ajaran itu adalah saran keutamaan dari Ramawijaya pada sang Wibisana saat dinobatkan jadi raja di kerajaan Alengka. Hingga kata “Semen Romo” memiliki kandungan arti karakter paling utama yang semestinya dipunyai oleh beberapa raja atau pemimpin rakyat.

Motif Batik Sida Asih

 

Motif Batik Sidoasih masuk dalam satu diantara type batik kraton. Batik sidoasih datang dari bhs Jawa yakni “sido” serta “asih”. Kata “Sido” memiliki arti terus-terusan/jadi/berkepanjangan. Sedang kata ”asih” memiliki arti kasih sayang. Hingga batik Sidoasih bisa kita artikan sebagai perlambang satu kehidupan manusia yang penuh cinta kasih serta sayang, menentramkan kehidupan manusia didunia serta di akhirat.

Di dalam kebiasaan Jawa, batik Sidoasih ini kerap digunakan pada acara pernikahan, di mana kain batik dengan motif Sidoasih ini dipakai sebagai baju malam pengantin. Dengan kenakan motif batik Sidoasih, jadi ke-2 pengantin mempunyai harapan untuk dapat melakukan kehidupan barunya dengan lebih serasi, dan makin romantis penuh cinta kasih.

Gambar Batik

Gambar Batik

Motif Batik Sida Mukti adalah motif batik yang di buat datang dari pewarna soga alam. Kerapkali dipakai untuk baju pengantin dalam upacara pernikahan. Unsur motif batik sidomukti yang terdapat didalamnya yakni motif gurda.

Motif yang mempunyai awalan sida (di baca sido) adalah type motif yang banyak dipakai oleh beberapa pengrajin batik. Kata “sida” tersebut mempunyai arti jadi/jadi/terwujud.

Dengan hal tersebut, type batik yang mempunyai awalan “sida” memiliki kandungan harapan supaya apa yang dikehendaki dapat terwujud. Salah nya ialah batik sida mukti, yang memiliki harapan untuk meraih kebahagiaan lahir serta batin.

Motif Batik Tambal

 

Kata Tambal memiliki berarti menambal atau melakukan perbaikan satu hal yang rusak. Dalam satu perjalanan kehidupan, manusia mesti instrospeksi atau melakukan perbaikan diri untuk menuju satu kehidupan yang lebih cemerlang, baik lahir ataupun batin.

Mulai sejak dahulu, kain motif batik tambal diakui bisa menolong kesembuhan orang yang tengah sakit. Satu diantara langkahnya yakni dengan menyelimuti orang yang sakit itu dengan kain batik dengan motif tambal. Mitos atau keyakinan orang-orang jawa ini nampak karna orang yang tengah sakit dikira mempunyai suatu hal “yang kurang”, hingga untuk sistem penyembuhannya butuh “ditambal”.

Macam macam batik

Macam macam batik
tokopedia.com

Batik type ini adalah motif larangan dari warga keraton, hingga bikin seniman dari beberapa saudagar untuk membuat satu motif baru yang sesuai sama selera dengan orang-orang saudagar. Mereka juga mengubah motif larangan di mana motif itu bisa dipakai oleh orang-orang umum.

Motif batik Saudagaran biasanya memiliki kesan “berani” dalam penentuan warna serta bentuk, pemakaian pada benda alam atau satwa, ataupun gabungan corak warna yang menguasai ddengan warna soga serta biru tua. Motif Batik Sudagaran ini menghidangkan kwalitas yang mumpuni dalam sistem pelaksanaan batik dan tingkat kerumitannya dalam menghidangkan macam design yang baru.

Beberapa pengrajin batik Sudagaran lakukan kreasi pada batik keraton dengan memberikan isen-isen yang cukup rumit serta mengisinya dengan cecek (bintik/titik) hingga memberikan kesan batik yang lebih indah.

Motif Batik Petani

 

Motif batik petani adalah type batik yang di buat sebagai selingan atau side job beberapa ibu rumah-tangga dirumah waktu tak pergi ke sawah atau sewaktu saat senggang saja. Batik yang dibuat lebih kasar serta mempunyai aksen kaku dan tak halus. Motif batik petani dengan cara turun temurun bakal sesuaikan dengan daerah semasing serta batik petani ini ditangani dengan cara tak profesional karna cuma untuk pengisi waktu senggang saja. Untuk langkah pewarnaannya juga ikuti pola batik saudagar.

Batik Motif Ceplok

motif batik ceplok
batik-tulis.com

Type motif ceplok ini mempunyai beragam jenis design geometris. Umumnya motif ini didasarkan pada gambar mawar melingkar, bintang, atau bentuk kecil yang lain yang membuat pola simetris keseluruhnya pada kain.

Motif Batik Kawung

Motif Batik Kawung
marinaelphick.com

Batik kawung diakui adalah motif batik yang tertua. Batik kawung pada zaman dulu spesial disiapkan untuk keluarga kerajaan. Motif kawung ini adalah penampang buah aren kelapa. Terdapat banyak kelompok yang menyampaikan salib diantara empat oval merujuk pada sumber daya universal.

Batik Motif Parang Rusak

Batik Motif Parang Rusak
gobatik.wordpress.com

Motif parang rusak mempunyai arti pertarungan pada manusia yang melawan kejahatan lewat cara mengatur beberapa karakter serta hasrat mereka hingga mereka jadi mulia, bijaksana, serta bakal menang dengan dapat mengatur diri dari segalanya yang jelek.

Batik Motif Parang Barong

Batik Motif Parang Barong
kainusa.id

Batik motif parang barong ini pada zaman dulu cuma digunakan oleh raja. Motif parang barong diakui sebagai pola yang suci. Arti dari motif parang barong ini yaitu agar sang raja jadi hati-hati di dalam melindungi dianya. Hingga diinginkan sang raja bakal jadi seseorang penguasa yang jujur, adil, dan bertanggungjawab pada rakyatnya.
Batik Motif Loreng

Motif loreng mempunyai design baris diagonal diantara motif parang. Batik motif ini banyak diketemukan garis polanya cuma jejeran garis diagonal yang sempit penuh dengan pola kecil-kecil. Motif ini dapat adalah satu diantara pola lama yang pada dahulu kala cuma disiapkan untuk keluarga istana kerajaan saja.

Batik Motif Nitik

motif batik nitik
marinaelphick.com

Motif nitik juga adalah batik dengan motif tertua, karna batik ini dahulu di inspirasi oleh kain tenun patola yang dibawa oleh beberapa pedagang dari Gujarat India yang datang ke Indonesia. Motif nitik ini dahulu umumnya dipakai oleh orangtua pada acara pernikahan.

Batik Motif Semen

 

Motif semen memiliki arti sebagai tumbuhan. Pola motif semen di inspirasi oleh kondisi alam serta lingkungan. Hal semacam ini diperlihatkan dengan pola daun, gunung, serta hewan. Motif ini dahulu kerap dipakai untuk acara umum.

Batik Motif Kraton

 

Batik motif keraton ini yaitu cikal akan dari beragam jenis batik yang ada serta berkembang di Indonesia. Pada batik kraton motifnya terdapat arti dan filosofi hidup. Batik Kraton ini dahulu di buat oleh beberapa putri keraton ataupun oleh beberapa pembatik pakar yang ada didalam lingkungan keraton. Dulunya motif ini tak diijinkan untuk digunakan oleh orang umumnya seperti motif batik Parang Rusak, Parang Barong, Udan Liris, serta sebagian type motif yang lain.

Batik Motif Sudagaran

 

Batik motif sudagaran adalah modifikasi batik larangan dari keraton waktu lalu di buat motif baru oleh beberapa seniman yang datang dari golongan saudagar supaya sesuai sama selera mereka. Beberapa seniman batik ini dapat merubah motif larangan (terlarang) hingga dapat digunakan oleh orang-orang umum. Motif batik sudagaran ini tterkenal dengan disain yang berkesan berani dalam soal penentuan bentuk, pemakaian benda-benda alam serta binatang, dan penggunaan gabungan warna yang didominasi warna soga atau biru tua.

Batik Motif Cuwiri

 

Motif batik cuwiri ini menggunakan pewarna soga alami. Biasanya batik cuwiri ini digunakan untuk semekan atau kemben yang kerap digunakan pada upacara kebiasaan mitoni pada wanita hamil. Motif ini biasanya ditandai dengan pemakaian macam hias meru serta gurda. Arti dari cuwiri sendiri yaitu kecil kecil.

Batik Motif Tambal

 

Motif tambal memiliki arti menambal atau melakukan perbaikan suatu hal yang sudah rusak. Pada zaman dulu kain batik motif tambal ini begitu dipercayai dapat menolong mengobati orang sakit lewat cara menyelimuti orang yang sakit itu dengan kain batik motif tambal ini.

Motif Sekar Jagad

 

Motif sekar jagad adalah satu diantara motif khas batik dari Indonesia. Motif ini mempunyai arti serta arti kecantikan atau keindahan yang bakal bikin orang jadi kagum memandangnya. Dalam kelompok jawa ada yang memiliki pendapat kalau kata Sekar Jagad memiliki arti “kar jagad” (kar yaitu peta, sedang jagad yaitu dunia) yang bermakna, motif ini melukiskan keragaman yang ada di semua dunia.

Batik Motif Sido Mukti

 

Motif sido mukti biasanya digunakan sebagai kain dalam upacara kebiasaan perkawinan serta acara resepsi atau pahargyan. Motif sido mukti ini umumnya di buat memakai pewarna soga alam. Pola basic yang ada di motif batik Sido Mukti yaitu gurda. Arti atau filosofi dari motif ini yaitu harapan untuk memperoleh kebahagiaan lahir batin

Batik Motif Sido Luhur

 

Batik motif sido mulia kerap dipakai oleh beberapa pengantin perempuan pada malam pegantin. Motif sido mulia ini memiliki kandungan arti keluhuran yang bermakna satu harapan supaya orang yang menggunakannya dapat meraih kedudukan yang lebih tinggi dan dapat jadi contoh di orang-orang.

Batik Motif Sido Asih

 

Batik motif sido asih biasanya sama dengan batik sido mulia yakni digunakan oleh pengantin perempuan. Motif batik Sido Asih memiliki arti supaya dalam kehidupan berumah tangga senantiasa dipenuhi dengan kasih sayang. Dalam arti yang lebih luas, batik Sido asih memiliki arti supaya manusia senantiasa meningkatkan rasa sama-sama mengasihi serta menyayangi antar sesama manusia serta makhluk hidup.

Dengan makin mengembangnya kain batik di Indonesia pastinya ada banyak lagi beberapa jenis motif batik yang lain. Sekarang ini tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia ada banyak yang menggalakkan batik ini sebagai product lokal tiap-tiap daerahnya, serta pasti hal itu bakal makin perbanyak motif-motif batik yang ada di Indonesia.

Sistem Pembuatan Motif Batik Indonesia

 

Jenis Macam Motif Batik di Indonesia. Awalannya batik di ciptakan memakai kain berwarna putih yang terbuat berbahan kapas (kain mori). Bersamaan perubahan zaman sistem bikin kain batik bisa pula memakai katun, sutera, rayon, poliester, serta bahan sintetis yang lain.

Macam Motif batik tersebut di ciptakan memakai cairan lilin dengan media alat yakni canting untuk motif halus, serta atau kuas untuk motif batik catat yang memiliki ukuran besar, Setelah itu cairan lilin itu akan meresap dengan baik dalam serat satu kain. Kain yang telah usai dilukis memakai canting tadi setelah itu dicelup untuk pewarnaan seperti dengan batik jawa yang lain.

Batik Indonesia

batik indonesia

  • Batik Sumatera : batik Aceh, batik Riau, batik Jambi, batik Lampung,
  • Batik Jabodetabek : batik banten, batik Betawi,
  • Batik Jawa Barat : batik Tasikmalaya, batik indramayu, batik cirebon, batik ciamis,
  • Batik Jawa Tengah : batik Pekalongan, batik Semarang, batik Solo, batik wonogiri, batik Yogyakarta,
  • Batik Jawa Timur : Batik Blitar, batik Malang, batik Jember, batik Madura,
  • Batik Indonesia Timur : batik Bali, batik Kalimantan, batik Papua

Sistem pencelupan ini umumnya diawali dengan memakai beberapa warna muda yang setelah itu sistem pencelupan warna lebih tua untuk memperoleh motif warna kain yang lebih gelap. Sesudah sekian kali sistem pewarnaan kain batik, jadi kain batik itu di celupkan kedalam larutan kimia untuk melarutkan lilinnya. Untuk memperkaya wawasan kita dalam mengetahui beragam jenis motif batik di Indonesia, di bawah ini yaitu jenis macam batik di Indonesia berdasar pada motif/corak :

Motif Batik Keraton

 

Batik keraton adalah wastra batik yang memakai pola tradisional yang berkembang di keraton-keraton yang ada di pulau Jawa. Macam corak batik catat dengan kombinasi yang menakjubkan pada seni, pandangan hidup, kebiasaan, serta kepribadian lingkungan kraton yang melahirkannya.

Batik Keraton ini awal mulanya di buat cuma oleh beberapa putri raja serta abdi dalemnya saja, dan cuma ditujukan keluarga raja saja. Setelah itu berkembang jadi industri yang dikelola oleh beberapa saudagar serta mulai tumbuh diluar Kraton berbentuk batik Sudagaran serta Batik Pedesaan.

Batik Keraton datang dari Kasultanan Jogjakarta, Kasunanan Surakarta, Pura Mangkunegaran juga Pura Pakualaman. Ketidaksamaan paling utama dari ke empat Batik Kraton terdapat pada bentuk, ukuran, patra serta nuansa warna soga (coklat).

Motif Batik Cuwiri

 

Adalah motif batik yang menggunakan zat warna soga alam. jaman dulu, pemakai motif batik cuwiri ini mengisyaratkan tingkat derajat yang tinggi untuk penggunanya serta/atau cuma dipakai untuk upacara kebiasaan spesifik saja, seperti untuk upacara mitoni, satu kebiasaan jawa yang dipakai untuk memperingati umur kandungan 7 bln.. Juga, motif batik cuwiri ini digunakan untuk menggendong Baby.

Batik cuwiri ini dapat umum dipakai untuk kemben serta semekan. Motif batik cuwiri ini menguasai menggunakan unsur gurda serta meru. Kata Cuwiri tersebut memiliki arti kecil-kecil, dan diinginkan pada penggunanya layak, serasi dan dihormati sesuai sama pandangan hidup orang-orang jawa yakni kemakmuran serta kebaikan.

Motif Batik Pringgondani

 

Nama batik pringgondani ini di ambil dari nama rumahnya Gatotkaca anak Bimo/Werkudara. Motif batik pringgondani ini umumnya menghadirkan corak gelap seperti biru nila (biru indigo) dengan soga alam berwarna coklat dipenuhi sulur-suluran atau alur kecil yang di gabung dengan naga.

Motif Batik Sekar Jagad

 

Batik ini adalah satu diantara motif batik paling baik khas Indonesia. Motif batik sekar jagad ini mempunyai arti keindahan serta kecantikan untuk penggunanya hingga orang lain yang melihat bakal begitu kagum. Ada banyak pendapat bila motif batik Sekar Jagad ini sebenarnya datang dari kata yang di ambil dari bhs belanda serta Jawa yakni “kar jagad” (Kar bermakna PETA ; Jagad bermakna DUNIA), melambangkan keragaman semua dunia tetapi satu jiwa (united). Rata-rata motif batik Sekar Jagad memiliki nuansa bunga.

Pendapat lain menyampaikan kalau motif batik Sekar Jagad datang dari kata sekar dab jagad. Kata sekar mempunyai arti bunga serta kata jagad mempunyai arti dunia. Berdasar pada Gabungan kata itu yang tercermin dari nama motif ini yaitu himpunan bunga/keindahan/kebahagiaan dunia. Motif batik sekar jagad ini dapat adalah satu perulangan geometris dengan cara susun ceplok (dipasangkan bersisian), yang mempunyai arti keluhuran serta keindahan satu kehidupan didunia. Motif batik sekar jagad mulai tumbuh pada era ke-18.

Motif Batik Sida Luhur

 

Motif batik yang mempunyai awalan sida (di baca sido) adalah kelompok batik yang banyak di buat oleh beberapa pembatik. Seddangkan Kata “sida” tersebut mempunyai arti jadi/jadi/terwujud. Hingga, batik yang bermulaan “sida” ini memiliki kandungan harapan supaya apa yang dikehendaki dapat terwujud. batik Sida Mulia (di baca Sido Mulia) mempunyai arti harapan agar bisa meraih kedudukan tinggi, serta dapat jadi contoh atau contoh orang-orang.

Ada satu mitos tentang pembuatan batik Sido Mulia yang mana menuntut pembuatnya, dengan diawali menahan nafas cukup lama. Motif batik Sido Mulia di buat oleh Ki Ageng Henis, yaitu kakek dari Panembahan Senopati yang disebut pendiri kerajaan Mataram Jawa, dan adalah cucu dari pada Ki Ageng Selo. Konon motif batik Sido Mulia ini di buat dengan cara spesial oleh Ki Ageng Henis untuk diberikan pada anak serta keturunannya. Harapan serta doanya supaya si pengguna bisa mempunyai hati dan fikiran yang mulia hingga dapat bermanfaat untuk negara serta orang-orang.

Filosofi arti dibalik motif batik catat Sido Mulia bermakna kesuksesan meningkatkan, dan menyempurnakan diri jadi seseorang manusia yang berakal serta berbudi mulia yang selalu berdoa, mengingat serta bersukur kepadaNya. Motif batik catat sidoluhur adalah batik yang dipakai oleh beberapa pengantin waktu acara pernikahan. Motif batik ini datang dari Keraton Ngayogjokarto Hadiningrat.

Motif Batik Kawung

 

Motif batik Kawung mempunyai pola bulatan yang serupa dengan buah Kawung (semacam buah kelapa atau kerap juga dikatakan sebagai buah kolang-kaling) yang teratur rapi dengan cara geometris. Batik catat motif batik kawung bisa pula direpresentasikan dalam bentuk bunga teratai dengan empat lembar daun dari bunga teratai yang tengah merekah. Bentuk motif teratai adalah bunga yang melambangkan usia yang panjang dan kesucian.

Motif batik catat kawung biasanya dinamakan berdasar pada size atau ukuran besar-kecilnya bentuk bulat-lonjong yang ada di dalam motif itu. Contoh : batik Kawung Picis yaitu batik kawung yang tersusun serta teratur oleh bentuk alur bulatan yang kecil.

Kata Picis datang dari mata duit sejumlah 10 senyang yang memiliki bentuk relatif kecil. Sedang motif batik Kawung Bribil yaitu motif batik kawung yang tersusun atau teratur oleh bentuk yang relatif semakin besar dari batik kawung Picis.

Sesuai sama namanya yakni bribil, adalah mata duit yang memiliki bentuk relatif semakin besar dari picis serta mempunyai nilai 1/2 sen. Berdasar pada memiliki bentuk batik kawung yang mempunyai bentuk bulat-lonjong yang condong semakin besar dari motif batik Kawung Bribil dimaksud Kawung Sen.

Motif Batik Semen Rama

Batik catat semen rama kerapkali dimaknai oleh beberapa penggemar batik nusantara sebagai bentuk dari satu “kehidupan yang bersemi” (kata semi artinya makmur atau berkembang). Terdapat banyak type ornament paling utama pada motif batik semen. Yang pertama, ornament yang mempunyai jalinan dengan daratan, seperti binatang berkaki empat atau tumbuhan.

Ke-2, ornament yang mempunyai jalinan dengan hawa, seperti burung, garuda, serta megamendung. Ketiga, ornament yang mempunyai jalinan dengan laut serta air, seperti ikan serta katak. Beberapa jenis ornament itu besar kemungkinan memiliki jalinan dengan prinsip Triloka atau Tribawana.

Prinsip itu adalah ajaran tentang ada tiga dunia yakni dunia tengah tempat manusia melakukan kehidupan, dunia atas atau nirwana adalah rumah beberapa dewa serta orang suci, dan dunia bawah yang disebut tempat orang di mana jalan hidupnya dipenuhi angkara murka.

Terkecuali mempunyai arti itu batik Semen Rama (di baca ; Semen Romo) tersebut kerapkali dihubung-hubungkan dengan cerita narasi Ramayana yang penuh dengan ajaran Hastha Brata atau ajaran suci keutamaan yang di lewati dengan delapan jalan.

Ajaran itu adalah saran keutamaan dari seseorang Ramawijaya pada sang Wibisana waktu dinobatkan jadi pemimpin atau raja di kerajaan Alengka. Hingga kata “Semen Romo” memiliki kandungan arti karakter paling utama yang semestinya dipunyai oleh beberapa raja atau pemimpin rakyat.

Motif Batik Sida Asih

 

Motif Batik Sidoasih masuk dalam satu diantara type batik kraton. Batik sidoasih datang dari bhs Jawa yakni “sido” serta “asih”. Kata “Sido” memiliki arti terus-terusan/jadi/berkepanjangan. Sedang kata ”asih” memiliki arti kasih sayang. Hingga batik Sidoasih bisa kita artikan sebagai perlambang satu kehidupan manusia yang penuh cinta kasih serta sayang, menentramkan kehidupan manusia didunia serta di akhirat.

Di dalam kebiasaan Jawa, batik Sidoasih ini kerap digunakan pada acara pernikahan, di mana kain batik dengan motif Sidoasih ini dipakai sebagai baju malam pengantin. Dengan kenakan motif batik Sidoasih, jadi ke-2 pengantin mempunyai harapan untuk dapat melakukan kehidupan barunya dengan lebih serasi, dan makin romantis penuh cinta kasih.

Motif Batik Sida Mukti

 

Motif Batik SidoMukti adalah motif batik yang di buat datang dari pewarna soga alam. Kerapkali dipakai untuk baju pengantin dalam upacara pernikahan. Unsur batik sidomukti yang terdapat didalamnya yakni motif gurda.

Motif yang mempunyai awalan sida (di baca sido) adalah type motif yang banyak dipakai oleh beberapa pengrajin batik. Kata “sida” tersebut mempunyai arti jadi/jadi/terwujud. Dengan hal tersebut, type batik yang mempunyai awalan “sida” memiliki kandungan harapan supaya apa yang dikehendaki dapat terwujud. Salah nya ialah batik sida mukti, yang memiliki harapan untuk meraih kebahagiaan lahir serta batin.

Motif Batik Tambal

 

Kata Tambal memiliki berarti menambal atau melakukan perbaikan satu hal yang rusak. Dalam satu sistem perjalanan satu kehidupan, manusia mesti dapat instrospeksi diri atau melakukan perbaikan dianya manfaat menuju satu kehidupan yang lebih bahagia, baik dengan cara lahir ataupun batin.

Mulai sejak dahulu, kain motif batik tambal diakui bisa menolong kesembuhan orang yang tengah sakit. Satu diantara langkahnya yakni dengan menyelimuti orang yang sakit itu dengan kain batik dengan motif tambal. Mitos atau keyakinan orang-orang jawa ini nampak karna orang yang tengah sakit dikira mempunyai suatu hal “yang kurang”, hingga untuk sistem penyembuhannya butuh “ditambal”.

Motif Batik Sudagaran

 

Batik type ini adalah motif larangan dari warga keraton, hingga bikin seniman dari beberapa saudagar untuk membuat satu motif baru yang sesuai sama selera dengan orang-orang saudagar. Mereka juga mengubah motif larangan di mana motif itu bisa dipakai oleh orang-orang umum.

Motif batik Sudagaran biasanya memiliki kesan “berani” dalam penentuan warna serta bentuk, pemakaian pada benda alam atau satwa, ataupun gabungan corak warna yang menguasai ddengan warna soga serta biru tua. Motif Batik Sudagaran ini menghidangkan kwalitas yang mumpuni dalam sistem pelaksanaan batik dan tingkat kerumitannya dalam menghidangkan macam design yang baru.

Beberapa pengrajin batik Sudagaran lakukan kreasi pada batik keraton dengan memberikan isen-isen yang cukup rumit serta mengisinya dengan cecek (bintik/titik) hingga memberikan kesan batik yang lebih indah.

Motif Batik Petani

 

Motif batik petani adalah type batik yang di buat sebagai selingan atau side job beberapa ibu rumah-tangga dirumah waktu tak pergi ke sawah atau sewaktu saat senggang saja. Batik yang dibuat lebih kasar serta mempunyai aksen kaku dan tak halus.

Motif batik petani dengan cara turun temurun bakal sesuaikan dengan ciri khas budaya daerah semasing serta batik petani ini umumnya ditangani oleh beberapa ibu rumah-tangga dengan cara secara tradisional karna memanglah cuma dipakai untuk isi waktu senggang saja. Untuk langkah pewarnaannya juga ikuti pola batik sudagaran.

jenis batik

Leave a Comment