gaun pengantin india

Gaun Pengantin Muslimah Modern Berbagai Model

Gaun Pengantin Muslimah – Menjadi ratu sehari dalam resepsi pernikahan adalah impian setiap perempuan. Mulai dari make-up, tata rambut, sepatu, hingga gaun pengantin, semuanya harus terlihat sempurna. Gaun pengantin andalan biasanya akan dikenakan saat akad atau resepsi pernikahan.

Dalam hal ini, perkembangan tren busana pengantin sedikit banyak memengaruhi keputusan penggunaan gaun pengantin modifikasi selain busana adat. Meski tak jarang, mempelai hanya mengenakan busana adat selama resepsi dengan berbagai alasan. Salah satunya, adalah untuk menghemat bujet.

Padahal fakta menunjukkan bahwa, cukup banyak jenis gaun pengantin yang dibanderol dengan nominal terjangkau. Walaupun memang, kualitas bahan dan orisinalitas desain gaun akan sebanding dengan harga yang mesti dibayar.

Gaun Pengantin

Bukan hanya menyoal bujet, tak jarang calon mempelai juga kebingungan memilih model gaun yang tepat. Nyatanya, model yang sedang tren belum tentu akan terlihat sesuai di tubuh Anda. Akibatnya, calon mempelai bisa terlihat lebih gemuk dari postur tubuh aslinya. Tentu, ini bukanlah hal yang Anda inginkan.

Nah, bila masalah di atas sedang Anda alami maka jangan beranjak! Artikel ini akan menyajikan solusi untuk Anda. Di sini akan dikupas beragam model gaun pengantin yang sedang tren. Yuk, simak ulasan inspirasi gaun-gaun pengantin berikut ini.

PERKEMBANGAN GAUN PENGANTIN INDONESIA DARI DULU SAMPAI SEKARANG

Sebelum membahas inspirasi model gaun pengantin terkini, ada baiknya Anda mengetahui perkembangan busana ini di tanah air. Meskipun memang, tidak ada catatan sejarah yang jelas mengenai kapan pertama kali gaun pengantin modern mulai populer di Indonesia.

Tentu saja model gaun pengantin yang beredar mulanya hanya berkiblat pada desain ala barat dengan warna putih. Desain ini juga merujuk pada pernikahan kaum bangsawan dan kerajaan di Eropa.

Berkat adanya media televisi dan surat kabar, tren menggunakan gaun saat pernikahan menjadi semakin meluas. Tak hanya di dunia internasional, tapi juga hingga ke ranah nasional.

Gaun Pengantin Era Tahun 50-an sampai Tahun 70-an

Efek modernisasi dan akulturasi budaya memang belum terlalu terasa pada era tahun 50-an. Masih sebagian kecil dari masyarakat yang memilih untuk mengenakan gaun dalam resepsi pernikahan. Pada era ini hingga memasuki tahun 80-an, kebaya dan pakaian adat masih menjadi busana pernikahan favorit.

Gaun Pengantin Era Tahun 50-an sampai Tahun 70-an

Akan tetapi bagi sebagian kalangan masyarakat kelas atas, menggunakan gaun pengantin sudah menjadi hal yang lumrah. Beberapa model yang dipilih banyak dipengaruhi oleh gaya retro atau pun vintage yang sedang tren di masa itu.

Gaun Pengantin Era Tahun 80-an

Gaun Pengantin Era Tahun 80-an

Berkat popularitas pernikahan Lady Di, era tahun 80-an diwarnai dengan tren gaun berekor panjang. Tak hanya terlihat mewah, gaun ini juga menekankan pada desain elegan seorang putri raja.

Tipikal khas dari gaun di era ini adalah kehadiran renda yang mendominasi desain, lengan yang bervolume, hingga kerut-kerut yang menambah kesan megah. Tudung yang disertai mahkota dan bunga juga menjadi padanan yang tak kalah pentingnya.

Model gaun ini dikenal juga dengan sebutan gaya romantic. Sebenarnya, desain gaun tersebut masih cukup diminati pasar bahkan hingga saat ini. Lagi pula, siapa yang tak ingin menjadi sorotan bak putri kerajaan di hari pernikahan.

Gaun Pengantin Tahun 2000

Gaun Pengantin Tahun 2000

Zaman boleh berganti, tapi sepertinya para desainer justru mengedepankan modifikasi gaun yang tidak melupakan desain konvensional. Masih bertahan dengan model renda, gaun berjuntai, serta brokat, gaun pengantin di era milenium terlihat lebih ‘berani’.

Model off shoulder berbahan satin, gaun yang semi-transparan berlapis brokat Perancis, hingga potongan rok mini, mulai diminati masyarakat. Lagi-lagi, media berperan besar dalam penyebaran budaya bergaun pengantin. Pada era ini, ketimbang mengenakan busana adat atau kebaya modern, masyarakat menengah ke atas memilih gaun pengantin untuk dipakai ketika resepsi.

Bagaimana soal harga? Meningkatnya minat masyarakat akan gaun pengantin, telah mendorong kreativitas para desainer untuk memenuhi kebutuhan pasar. Mulai dari desain yang disederhanakan, hingga penyesuaian bahan pun dilakukan. Hasilnya, jumlah peminat gaun pun semakin meningkat.

Meskipun tren busana seksi pada gaun pengantin sedang musim, tapi tak berarti tempat untuk busana bergaya couture kehilangan peminat. Model jubah dengan kerah tinggi yang tertutup tetap punya pasarnya tersendiri. Toh, tak semua orang suka dengan gaun model terbuka.

Gaun Pengantin Hingga Akhir Tahun 2016

Gaun Pengantin Tahun 2016

Lain dulu lain sekarang. Bila dahulu gaun pengantin dilengkapi dengan banyak ornamen, kini justru gaya simplicity lebih populer. Alih-alih menggunakan banyak brokat, renda, atau taburan kristal, gaun terlihat elegan dan simpel hanya dengan satin dan aksen kerut yang menunjukkan kontur tubuh.

Untuk meningkatkan kemegahan gaun, pengantin kerap memilih menggunakan perhiasan berlian agar aksen bling-bling tetap ada. Bagi mereka dengan bujet terbatas, ada solusi lain diluar perhiasan. Pilihannya adalah menggunakan belt bertabur kristal Swarovski. Ikat pinggang khusus ini biasanya ditawarkan sebagai paket oleh vendor gaun pengantin.

Jika Anda adalah seorang muslimah, di era ini ada kabar yang menggembirakan. Pasalnya, desainer muslimah telah merancang busana pengantin khusus dengan desain yang menutup tubuh. Gaun pengantin muslim ini pun mulai dipopulerkan pada pertengahan tahun 2014.

Lalu, bagaimana dengan model gaun pengantin yang tren saat ini. Inilah beberapa model gaun yang sedang booming di sepanjang tahun 2017.

Model Gaun Pengantin 2017

Hampir semua pencinta fashion tahu bahwa gaun pengantin bergaya vintage dan romantic ala putri memang tidak bakal ketinggalan zaman. Bahkan, kebanyakan gaun yang beredar justru mengambil inspirasi dari model-model busana pengantin zaman dulu.

Namun, tak ada salahnya jika kamu menyimak beberapa pilihan model gaun pengantin. Model busana pengantin ini telah menjadi tren di kancah internasional pada tahun 2017. Tren yang kemudian juga berpengaruh terhadap mode gaun pengantin di tanah air.

Model gaun pengantin terpopuler sebagaimana yang ditampilkan pada Bridal Fashion Week Fall 2017 adalah sebagai berikut.

  1. Tea-Length Gown

    gaun pengantin Tea-Length Gown

Gaun panjang menjuntai hingga menyeret lantai sudah terlalu mainstream. Apa salahnya mencoba gaun dengan panjang sebetis.

Gaun jenis tea-length ini sangat cocok untuk mempelai yang bertubuh mungil. Meskipun, gaun ini tetap akan terlihat menawan bila kamu bertubuh panjang.

  1. Simple Cut

    gaun pengantin Simple Cut

Tak perlu memaksakan diri untuk menggunakan desain gaun yang sophisticated bila tidak sesuai dengan karakter kamu. Ada gaun berdesain minimalis dan elegan yang cocok untuk kamu.

Meskipun tanpa aksen lace, kristal, atau pun layer, tetapi gaun ini mampu menimbulkan kesan anggun dan memesona bagi pemakainya. Gaun ini sangat cocok untuk mereka yang tidak terlalu suka dengan busana feminin yang umum.

  • Suit and Casual

    gaun pengantin Suit and Casual

Perkembangan desain busana pengantin membuat tak hanya kaum adam yang bisa mengenakan jas. Model gaun pengantin berupa setelan jas dan jumpsuit mulai menjadi tren yang unik.

Meski tanpa kehadiran pernik khas gaun pengantin, tetapi model gaun suit ini tetap tampak berkelas, kok. Gaun ini sangat sesuai untuk yang menginginkan gaya casual dan trendy yang modis pada pesta pernikahan Anda.

  • Latinos

gaun pengantin Latinos

Bosan dengan tampilan gaun yang itu-itu saja? Nah, gaun ala Latin ini bisa menjadi pilihan kamu. Gaun yang terinspirasi oleh model busana penari Flamenco ini layak untuk kamu perhitungkan.

Tampilan berlapis tanpa ekor serta bahan yang satin yang ringan akan membuat kamu bebas bergerak.

Gaun ini juga akan membuat tubuh kamu terlihat lebih ramping karena desainnya yang lurus. Beberapa gaun dilengkapi dengan rumbai atau fringe serta bagian rok dibuat dengan aksen bertumpuk. Yang menarik, tak sedikit gaun ala Latin yang menggunakan kombinasi warna lain pada bordiran gaun.

  • Ball Skirt

gaun pengantin Ball Skirt

Mengenakan gaun bak putri dalam pesta dansa mungkin adalah salah satu pilihan busana pengantin yang tak pernah sepi peminat. Gaun dengan aksen micro layer ini akan membuat tampilan yang manis untuk Anda.

Gaun ini bisa dibilang salah satu yang berani menggunakan warna selain putih. Adapun warna yang menjadi favorit di tahun ini adalah warna kulit (nude), champagne, dan pink yang lembut.

  • Short Wedding Dress

gaun pengantin Short Wedding Dress

Kalau sebelumnya ukuran tea-length masih kurang pas dengan tubuh mungil Anda, maka gaun pengantin berpotongan mini ini jadi solusi. Kesan imut akan tampak dengan mengenakan gaun pendek ini.

Bisa dibilang hal membedakan gaun ini dari model lain dari tren busana pengantin tahun 2017 ini hanyalah panjang roknya. Aksen gemerlap kristal, lace, maupun brokat tetap menjadi variasi yang ditampilkan.

  • Neo Opulence

    gaun pengantin Neo Opulence

Mewah dan glamor. Itulah yang bisa menggambarkan seperti apa tampilan desain gaun pengantin ini.

Bagaimana tidak? Model ini mengedepankan ornamen payet berlapis juga bordir di seluruh bagian gaun.

  • Lace Dress

    gaun pengantin Lace Dress

Busana dengan renda dan pita cukup mendominasi tren tahun 2017 ini. Model renda lebar atau kecil dengan aksen tambahan berupa kristal tampak berkelas.

Bukan hanya itu, gaun yang menjuntai dan panjang menambah kemewahan tampilannya. Mungkin gaun ini bisa menjadi pilihan ideal buat Anda.

Beberapa tren gaun di atas bisa dimodifikasi untuk disesuaikan dengan preferensi Anda. Misalnya, gaun ala putri raja untuk muslimah.

Namun bila tren gaun tadi terasa kurang cocok, maka ada inspirasi busana pengantin lain yang bisa Anda lihat. Berikut ini beberapa contoh desain yang layak Anda pertimbangkan.

Gaun Pengantin Muslimah

Gaun Pengantin Muslimah putih

Desain busana ini mengingatkan Anda dengan model ball skirt, bukan? Gaun dengan aksen lapisan kecil yang bertumpuk di bagian rok akan menimbulkan kesan megah.

Bagian atasan menggunakan payet dan brokat yang menutupi seluruh permukaannya. Kerudung yang dikenakan pun bisa Anda masukkan ke dalam atasan. Tujuannya agar aksen payet tetap bisa terlihat.

Jika terasa terlalu “wah”, tudung kepala dan mahkota tak mesti dikenakan. Anda bisa menggantikannya dengan mengenakan kerudung dengan aksen bordir yang sederhana.

Baju Pengantin Syar’i

Baju Pengantin Syar’i

Gaun pengantin tak melulu mesti berwarna putih. Gaun biru muda ini tampak menawan, bahkan hanay dengan sedikit payet.

Pastikan tak ada ornamen apapun yang terdapat di bagian dada. Selanjutnya, gunakan model kerudung drapery sehingga tidak tampak terlalu polos. Tudung berenda atau payet bisa dikenakan untuk melengkapi busana Anda.

Gaun Pengantin Modern

Gaun Pengantin Modern

Sederhana tapi elegan. Selain bahan yang ringan dan tak banyak aksen seperti ekor menjuntai atau kristal dan layer, gaun pengantin ini terbilang nyaman untuk digunakan.

Kombinasi bahan yang ringan dan lembut serta lace, menambah keanggunan gaun pengantin ini. Hebatnya lagi, gaun ini cocok dengan postur tubuh besar maupun kurus. Aksen pita sebagai belt bisa menambah kesan kurus saat Anda memakainya.

Gaun Pengantin India

Gaun Pengantin India

Warna merah dan emas yang berpadu dengan kain bercorak parsley tampak mewah dan glamor. Mengenakan tudung dengan bahan serupa akan melengkapi gaya India dalam resepsi Anda.

Tak lupa Anda pun harus mengenakan beberapa aksesoris di pergelangan tangan atau di bagian kepala. Bahkan, penggunaan kalung bertumpuk dapat pula Anda lakukan.

Potongan rok yang lebar akan memudahkan Anda saat bergerak. Namun, perlu diingat bobot bahan akan terasa lebih berat ketimbang model gaun pengantin modern yang telah dibahas di atas.

Gaun Pengantin Putih

Gaun Pengantin Putih

Gaun berwarna putih ini meletakkan aksen bordir dan payet di bagian atas hingga menutupi lengan yang seluruhnya transparan. Bagian pinggang diberikan renda kecil yang manis. Rok berbahan satin polos dibuat menggembung dengan kerutan di bagian pinggang.

Meski bagian bawahan tidak diberikan ornamen lain, tetapi tampilan gaun secara keseluruhan tetap terlihat elegan dan mewah.

Gaun Pengantin Sederhana

Gaun Pengantin Sederhana panjang

Meskipun tanpa brokat atau layer sama sekali, gaun ini tetap terlihat menawan. Bentuk gaun yang lurus memberikan kesan tubuh yang panjang dan kurus. Sebagai pemanis, sedikit payet pun diletakkan di sekeliling pinggang.

Bagian atas gaun berlengan sangat pendek dengan bagian dada tertutup. Menggunakan bahan satin putih yang lembut, gaun dibuat dengan sedikit ekor yang menyapu lantai. Efek yang cukup untuk memebri tampilan memesona.

Baju Pengantin Adat Jawa

Baju Pengantin Adat Jawa

Menggunakan bahan beludru hitam, model terusan dari baju adat ini akan membuat postur tubuh terlihat lebih ramping. Aksen emas bercorak bunga serta garis yang dipasang di tepi jahitan, memberi efek megah dari busana adat Jawa.

Bawahan kain batik coklat dengan sedikit nuansa emas cocok untuk dikenakan. Penggunaan perhiasan khas tradisi Jawa, berikut hiasan kembang pada kepala akan melengkapi busana Anda.

Baju Pengantin Jawa Modern

Baju Pengantin Jawa Modern

Terdapat modifikasi baju adat dengan menggunakan bahan brokat untuk kebaya. Warna emas dan merah fanta dipadukan sehingga menimbulkan kesan mewah. Paduan warna tersebut akan menghilangkan kesan monoton. Meskipun, corak bunga berwarna merah fanta hanya terdapat sedikit di bagian dada, perut, siku, dan ekor kebaya.

Kebaya hanya diberi furing di bagian badan sampai pinggang. Sisanya, brokat kebaya dibiarkan transparan dan panjang menjuntai menyapu lantai.

Baju Pengantin Adat Sunda

Baju Pengantin Adat Sunda

Warna pastel pada baju menimbulkan tampilan yang muda dan segar. Taburan payet kristal dan mutiara terdapat di seluruh bagian kebaya yang panjangnya hingga semata kaki. Tambahan ekor berbahan chiffon dengan warna senada tampak berkelas dan tidak berlebihan. Mahkota dan bunga sebagai hiasan kepala akan menambah sempurna tampilan Anda.

Baju Pengantin Adat Palembang

Baju Pengantin Adat Palembang

Didominasi dengan warna merah dan emas, baju adat pengantin Palembang terlihat sangat mewah. Menggunakan songket dengan nuansa warna yang sama, ditambah aksesoris berupa kuku emas, hiasan kepala, gelang pada lengan, dan hiasan pinggang.

Bagian atasan tanpa lengan terbuat dari bahan beludru. Sedangkan songket akan diikatkan di pinggang, dengan membuat kesan tumpuk pada bagian depannya.

Gaun Pengantin Korea

Gaun Pengantin Korea

Hanbok dengan potongan lengan yang lebar berwarna putih, dilengkapi dengan corak berwarna emas pada bagian bawah lengan, gaun, dan bagian dada. Hanbok didesain panjang hingga menutupi kaki, dengan kontur yang menggembung. Hiasan kepala dengan warna senada menambah lengkap busana ala Korea yang Anda kenakan.

Gaun Pengantin Modern Internasional

Gaun Pengantin Modern Internasional

Busana tanpa lengan ini menggunakan lace di seluruh bagian gaun. Model rok duyung yang menyapu tanah akan menimbulkan kesan tubuh yang seksi tapi ramping. Tudung yang sederhana pun sudah cukup melengkapi kecantikan tampilan gaun ini.

Jadi, manakah gaun pengantin yang paling cocok untuk Anda? Pastikan Anda mencoba gaun terlebih dahulu sebelum memutuskannya.

Cobalah mengajak keluarga besar dan sahabat saat melakukan fitting busana. Selain kesepakatan keluarga, upayakan untuk tetap memilih gaun pengantin yang nyaman dikenakan selama resepsi.

Lihat Gambar Lainnya

Kebaya bukanlah lagi pakaian resmi yang classic, malah kebaya muslim modern mengenalkan macam yang bermacam, dengan sentuhan modern di bagian atasan, bawahan, ataupun di buat sebagai terusan. Macam hijab juga ikut membuat cantik kabaya muslim modern ini. Seringkali beberapa artis papan atas juga kenakan kebaya muslim modern ini sebagai pilihan baju pada acara pernikahan, menghadiri arena penghargaan, dsb.

Gaun Pengantin Muslimah

Leave a Comment